Mengajak Si Kecil Camping? Ini 5 Manfaat yang Bisa Didapat!

Dummy

Daripada menghabiskan waktu di mal ataupun di rumah saja bersama keluarga, lebih baik Anda mengajak si kecil melakukan hal yang lebih bermanfaat bagi perkembangannya. Salah satunya adalah dengan mengajak buah hati Anda camping.

Dengan camping, Anda bisa mengenalkan cinta kasih terhadap alam kepada anak-anak Anda. Selain mengajarkan cinta kasih kepada alam, masih banyak manfaat positif lainnya yang bisa didapat bila mengajak camping anak Anda. 5 di antaranya adalah di bawah ini.

  1. Melatih Keberanian dan Disiplin pada Anak

Ada beberapa jenis camping yang bisa Anda lakukan. Selain perkemahan pribadi, ada juga perkemahan sekolah. Nah, Anda tak perlu menunggu sekolah mengadakan acara perkemahan agar anak Anda bisa mendapat manfaat dari camping ini. Anda bisa melakukannya secara pribadi.

Dengan camping, anak Anda bisa berlatih keberanian. Mereka yang tak terbiasa berada di alam terbuka jadi berani akan hal-hal yang awalnya mereka takuti seperti suara hewan tertentu. Selain itu, camping juga membuat mereka lebih disiplin. Disiplin dengan agenda yang telah disiapkan seperti kapan harus tidur, bangun, makan, dan mandi.

  1. Melatih Adaptasi Anak

Anak yang terbiasa mengikuti aktivitas di luar ruangan seperti camping umumnya akan terlihat supel dan ramah. Di samping itu, mereka juga jadi memiliki kemampuan adaptasi di lingkungan yang baru dan orang-orang baru. Mereka jadi tidak pemalu serta lebih percaya diri akan diri mereka.

  1. Melatih Anak Menghadapi Tantangan

Manfaat selanjutnya jika anak Anda mengikuti acara camping terlebih yang diadakan sekolah adalah mereka akan mendapat banyak tantangan dan hal-hal baru. Tahapan ini sangat baik untuk proses tumbuh kembang anak Anda.

Ada banyak tantangan yang bisa mereka dapatkan selama camping karena biasanya diadakan banyak acara. Misal tantangan menemukan benda tersembunyi lebih dulu. Bernyanyi atau membacakan puisi di depan api unggun bersama teman-teman lain dan masih banyak lagi.

  1. Mengajarkan pada Anak Pentingnya Kerja Sama

Bila camping dilakukan di acara sekolah, selain banyak mendapat tantangan, anak Anda biasanya juga akan diberikan kelompok. Kelompok-kelompok ini biasanya diberikan tugas tertentu semisal mendirikan tenda, mencari air, menghidupkan api unggun dan lainnya.

Nah, kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama ini tentu saja dapat membantu membuat mereka tahu pentingnya kerja sama antar tim. Jika mereka melakukannya sendiri, mereka pastilah akan sulit mencapainya. Selain mengetahui pentingnya kerja sama, dengan dikelompokkan seperti ini anak Anda juga paham akan kemampuan sosialisasi.

  1. Mengendalikan Emosi yang Berlebihan

Karena perkemahan terutama yang dilakukan dalam acara sekolah bersifat untuk kepentingan umum, anak Anda mau tidak mau melatih mengendalikan emosi dan egonya serta mengasah kemampuan berbagi dan mengalah. Mereka juga bisa mengendalikan rasa takut yang berlebihan karena adanya dukungan teman-teman.

Selain itu, mereka juga bisa mengendalikan keinginan memimpin yang berlebihan. Ada anak yang ingin terlihat dominan di antara anak yang lain. Nah, dengan kegiatan camping ini, Anda bisa mengajarkan mereka bahwa semua orang adalah sama. Mereka semua bisa jadi pemimpin. Namun yang paling penting adalah mereka bisa mengendalikan emosi mereka.

Kini, Anda tak perlu takut lagi membiarkan anak berada di alam terbuka seperti mengikuti camping. Untuk menjaga agar mereka tetap bersih dan segar, Anda bisa menggunakan produk dari doremi Thomas & Friends. Selain itu, Anda juga bisa mempersiapkan mereka menghadapi petualangan yang seru dengan #GreatAdventureAwaits agar mereka jadi hebat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *