Hati-Hati Modifikasi Lampu Belakang Yang Menyilaukan

Bagger Indian yang dijuluki Puncak Gunung

Hati-hati jika motor mofikasi Anda. Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu ada video tentang pengendara yang memodifikasi motornya sehingga berpotensi membahayakan pengguna jalan lain. Video itu beredar luas dan menjadi viral di media sosial. Dalam video itu terekam sebuah motor yang sudah dimodifikasi lampu belakangnya.

Lampu belakang motor itu bukan berwarna merah sesuai peraturan dan seperti yang sudah standar dari pabrikan. Tapi, lampu motor itu ditambah dengan lampu berwarna biru berkedip-kedip yang menyilaukan pengendara di belakangnya. Tentu saja, hal ini bisa sangat membahayakan karena orang yang berada di belakang bisa beranggapan ada motor yang menuju ke arahnya.

Hal ini pun direspon oleh banyak kalangan. Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengomentari modifikasi berbahaya ini. Menurutnya, memodifikasi kendaraan dengan lampu belakang yang menyilaukan ini salah besar. Dalam responnya dikatakan bahwa tidak diperbolehkan untuk modifikasi lampu pada kendaraan (warna/terang/posisi dll) dengan menyalahi standar. Sesuai dengan undang-undang lalu lintas di Indonesia tidak ada alasan apa pun untuk menyalahi aturan tersebut karena sangat berbahaya.

Bisa jadi pemilik kendaraan punya pertimbangan memodifikasi lampu belakang hingga jadi silau. Bisa jadi alasannya agar kendaraan di belakang menjaga jarak aman atau mengasumsikan supaya seolah-olah sebagai kendaraan roda empat.

Namun Jika berefek membahaykan,  yang justru malah menyilaukan bisa berakibat membuat kaget pengemudi di belakangnya. Justru bisa berakibat fatal, seperti tabrakan beruntun. Selain itu juga kasihan mata pengendara yang ada di belakangnya, bisa perih, cepat lelah nanti yang akan membuat pengemudi di belakang kendaraan yang digunakan.

Aturan terkait pemasangan lampu dengan warna, intensitas cahaya, dan sebagainya tentu saja mempunyai maksud tersendiri. Sebagai modifikator sepeda motor, tentunya kita harus memahami bahwa aturan-aturan tersebut beriktikad baik agar perjalanan dalam setiap lalu lintas kendaraan bisa berjalan dengan aman dan lancar. Sehingga siapapun bisa merasa aman dan nyaman dalam setiap perjalanan yang tentunya membutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *